Kamis, 17 Oktober 2013

[Download] Media Pembelajaran Berbasis Flash Pembuktian Dalil Pythagoras

Media ini saya buat untuk tugas mata kuliah Media Pembelajaran Matematika di kampus. Karna saya gak mau repot2 bikin media berupa alat, akhirnya saya bikin flash deh. Percaya gak, temen2 saya ampe habis duit puluhan ribu buat bikin media dari alat loh, belom lagi repotnya nyari tukang kayu lah, tukang lem, tukang tipu, tukang sayur errrrr boong kebablasan. Intinya, saya lebih ngirit n simpel,, cukup bermodalkan komputer yang entah sejak jaman kapan nangkring di kamar kakak saya plus modal skill flash yang amat pas-pasan, jadi deh nih media, dapet A pula. Gak mau sombong sih, tapi beneran nih media saya bikin dalam tempo sesingkat-singkatnya *plakkk. Soalnya saya baru serius bikin nih flash pas 3 hari sebelum batas terakhir pengumpulan. Sebelumnya paling cuma bingung cari2 materi  XD. Oke, yang berminat monggo didownload. .
Dan jangan lupa selain download format swf-nya, download juga makalahnya. Biar gak bingung cara make nih media. Saya aja bingung *jederrrr *dibunuh


Media Pembelajaran Berbasis Flash
Dalil Pythagoras

Tujuan Pembuatan Media
  • Untuk mempermudah siswa kelas VIII SMP dalam mempelajari materi Dalil Pythagoras
  • Untuk memvisualisasikan macam-macam pembuktian Dalil Pythagoras

Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang begitu pesat akhir-akhir ini, membawa dampak positif bagi dunia pembelajaran. Jika dulu pembelajaran hanya bersumber pada guru dan buku, kini siswa semakin bebas mencari sumber pengetahuan lain. Salah satunya adalah melalui media pembelajaran berbasis IT. Macromedia Flash (atau yang kini diakuisisi menjadi Adobe Flash) merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran. Efisiensi, kreativitas, efektivitas dan kemudahan  sangat ditonjolkan dalam penggunaan aplikasi ini. Selain itu, visualisasi yang dihasilkan terbilang sangat efektif untuk perhatian siswa.
Dalil Pythagoras, yang merupakan materi yang diajarkan pada siswa kelas VIII SMP Kelas VIII Semester 1 sangat cocok untuk dibuat media berbasis Flash. Mengingat materi ini banyak menunjukkan visualisasi. Terutama dari segi pembuktian dan aplikasi.
Pembuktian Pythagoras sendiri ada sangat banyak, bahkan jumlahnya mencapai ribuan. Namun yang biasanya diketahui siswa ada 5 pembuktian dasar. Untuk lebih memperdalam wawasan siswa, penulis menyajikan 10 buah pembuktian Dalil Pythagoras yang terangkum bersama materi, aplikasi, contoh soal dan evaluasi.

Standar Kompetensi
3.      Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
3.1   Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
3.2   Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras

Indikator
  • Menjelaskan dan menemukan dalil Pythagoras dan syarat berlakunya
  • Menuliskan dalil Pythagoras untuk sisi-sisi segitiga
  • Menghitung panjang sisi siku-siku jika sisi lain diketahui
  • Menerapkan dalil Pythagoras dalam kehidupan nyata
Petunjuk Penggunaan Media dan keterangan selengkapnya bisa di download di makalahnya. . .


2 komentar:

  1. mba intan, boleh di share tutorial pembuatan media pembelajarannya?
    tolong ya mba

    BalasHapus
  2. mbak intan sidoarjo mana yah kalu boleh tau,,,,:) terus kuliahnya dimana?

    BalasHapus