Kamis, 26 September 2013

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya


Well, remaja mana yang gak pernah bermasalah sama jerawat. Berhubung aku juga punya pengalaman buruk tentang jerawat, aku share deh tips Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya ala aku. Boleh dicoba kok. Tapi ingat, kondisi kulit dan kantong tiap individu berbeda. Produk-produk di bawah ini emang cocok dan udah terbukti kefektifannya di wajahku. Tapi belum tentu di kulit kalian bisa cocok juga. Intinya sih, pintar-pintarlah menjadi konsumen. Kalau merasa produk itu merugikan dan menimbulkan iritasi/ alergi di kulit kamu, segera hentikan pemakaian. Kalau ingin cara paling aman mengatasi jerawat solusinya ya pergi ke dokter. Aku pribadi sih, selama masih bisa diatasi sendiri untuk apa pergi ke dokter *sayangdompet
Oke deh gak perlu banyak cincong. Langsung aja yuk baca Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya ala aku :)

Preparing
Yang harus disiapkan? Yang pasti uang. Karna kamu butuh uang untuk membeli produk-produk dibawah ini. Kalau bisa uangnya yang halal ya, ngepet itu dosa :D

·         Obat : Medi-klin TR


Beli di apotik terdekat. Harganya sekitar 32 ribuan. Kemasannya bentuk tube berwarna ungu. Bentuknya gel bening dan terasa adem bila menyentuh kulit. Obat ini cukup ampuh mengempeskan jerawat dan mengeringkannya dalam waktu singkat.
Medi-klin TR ini paling terlihat hasilnya pada jerawat batu. Tapi produk ini juga ampuh mengatasi jerawat-jerawat kecil dan komedo whitehead di wajah ataupun di punggung.
Medi-klin sendiri memiliki 2 varian dengan kandungan alkohol berbeda. Jika Medi-klin ungu fungsinya mengempeskan jerawat yang udah jadi, Medi-klin orange menggagalkan cikal bakal jerawat agar tidak sampai jadi jerawat batu. Jadi misalnya nih ya kamu ngerasa tanda-tanda bakal tumbuh di salah satu bagian wajah kamu, segera oleskan Medi-klin orange ini untuk mencegah jerawat membesar/ mengeras. Well, kamu juga boleh nyetok Medi-klin orange untuk tindakan preventif. Harganya selisih lebih murah ketimbang Medi-klin ungu.

·         Sabun muka : JF Sulfur

 
Belinya bisa di toko-toko kecil atau hampir semua swalayan ada kok. Harganya 9 ribuan. Baunya nggak enak sih, yah maklumlah mengandung belerang. Tapi efektif banget membersihkan minyak di wajah. Dan waktu aku pakai, kurang lebih 5 jam pemakaian kulitku masih lumayan kering. Berminyak sih, tapi sedikit dan itu alami sebagai bagian dari metabolisme tubuh. Sebenernya kalau mau pakai sabun muka lain boleh aja sih. Tapi sebaiknya hentikan pemakaian kalau terjadi reaksi berlebihan di kulit.
Pengalaman nih ya, aku pernah pake Pond’s Facial Foam Anti Bacterial Scrub. Di labelnya emang nggak ada kandungan-kandungan yang kontra indikasi sama Medi-klin. Cuma aku agak waspada sama kandungan salicylic acid dan glycerin (yang udah pasti ada di setiap sabun anti-jerawat). Aku tahu pasti nih sabun bakal bereaksi sama Medi-klin. Tapi aku nggak nyangka kalo kulitku jadi kering kerontang dan rasanya perih banget. Apalagi pas jerawatnya kena scrub, perih sumpah. Medi-klinnya sendiri udah bikin kering, ditambah facial foamnya bikin kering juga. Jadi kerupuk dah tuh muka. Akhirnya ganti deh pake JF Sulfur dan syukurnya cocok di mukaku. Selain ampuh ngilangin minyak sampe beberapa jam, nih sabun juga nggak bikin kulit kering apalagi sampe ngelupas-ngelupas. 

·         Pelembab : Pond’s Flawless White Lightening Day Cream




Bentuknya jar dengan kemasan 10 gram seharga 16 ribuan. Selain sebagai moisturizer / pelembab, produk ini juga ampuh menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat. Banyak yang bilang kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya menghindari pelembab terutama yang mengandung pemutih. Emang bener sih, tapi aku juga nggak rela keluar rumah membiarkan jerawat dan sekutu-sekutunya numpang eksis di mukaku. Jadilah tetep aku pake nih pelembab. Selang 3-4 hari pemakaian, bekas-bekas jerawat yang item-item itu memudar. Tapi hati-hati ya kalau mau ngolesin di jerawat yang masih baru. Aku sih selalu ngehindarin bagian itu. Aku lebih fokus pakai produk ini di bekas-bekas jerawat yang item-item.

Mengempeskan dan Mengeringkan Jerawat
  • Malam hari sebelum tidur, cucilah muka hingga bersih dengan sabun JF Sulfur.
  • Setelah cuci muka, biarkan wajahmu kering dengan sendirinya. Cukup diangin-anginkan selama 20-30 menit. Jangan menggosok dengan handuk atau spons. Pastikan wajahmu benar-benar kering dari air. Penggunaan pada kulit yang masih basah dapat menimbulkan iritasi.
  • Setelah kering, oleskan tipis-tipis gel Medi-klin TR pada jerawatmu. Sekedar saran, oleskan gel ini hanya pada titik-titik jerawatmu. Sebaiknya jangan mengoleskannya pada satu area penuh (area pipi full misalnya). Karena gel ini akan berefek mengeringkan kulit bahkan di area yang tidak berjerawat sekalipun. Dan itu perih banget rasanya apalagi kalau sampai mengelupas. Tapi kalau udah terlanjur ngoles ke satu area penuh juga nggak sampai berefek fatal kok, asal kamu rajin-rajin mengoleskan pelembab di area itu.
  • Gunakan Medi-klin TR satu kali sehari, yaitu pada malam hari sebelum tidur. Sebisa mungkin turuti aturan pemakaian yang tertera di brosur ya.
  • Kurang lebih 3-5 hari setelah diolesi Medi-klin secara rutin, biasanya jerawat akan mengempes, lalu mengering dengan sendirinya. Yah kecuali kalau tangan kamu usil mencet-mencet, bisa jadi bakal lebih lama. Bahkan bukan nggak mungkin bakal terjadi peradangan. So, keep your hands for the several time babe :D
  • Kalau jerawat kamu udah kempes dan kering, segera hentikan pemakaian Medi-klin. Selanjutnya kamu bisa fokus menghilangkan bekasnya dari wajah kamu.

Menghilangkan Bekas Jerawat
Kalau jerawat kamu udah mengering, biasanya bakal ninggalin bekas berupa noda kehitaman di wajah. Nah untuk masalah ini aku mengandalkan Pond’s Flawless White Lightening Day Cream. Kamu bisa mengoleskan krim ini pada seluruh bagian wajah sebagai moisturizer sehari-hari. Tapi oleskan sedikit lebih tebal pada bagian yang berhiaskan(?) noda bekas jerawat. Selain, menyamarkan krim ini juga efektif memudarkan noda bekas jerawat dalam waktu singkat. Kamu bisa mengoleskan krim ini setiap pagi dan sore hari setelah cuci muka.

Attention
Pada dasarnya semua penyakit itu solusinya cuma satu, menerapkan pola hidup sehat. Percaya enggak percaya, beberapa hal di bawah ini cukup berpengaruh loh terhadap proses penyembuhan jerawat.

·         Makanan dan minuman
Yang sebaiknya dikurangi (dikurangi loh ya, bukan berarti nggak boleh dimakan sama sekali) antara lain telur, daging ayam, gorengan yang mengandung banyak minyak, junkfood, mie instan dan kacang-kacangan. Dalam beberapa kasus, jerawat timbul karena alergi terhadap terhadap jenis makanan tertentu. Sialnya, telur dan daging ayam termasuk jenis makanan yang rentan menimbulkan alergi. Kalau gorengan dan junk food, udah jelas lah yah kandungan minyak berlebihnya nggak baik untuk tubuh. Pengawet dan MSG dalam mie instan juga nggak sehat. Untuk kacang-kacangan, beberapa orang mengatakan kandungan vitamin e dalam kacang itu bagus untuk regenerasi kulit. Tapi ingat juga fakta bahwa vitamin e bekerja memaksimalkan penyerapan lemak dalam tubuh. Lemak yang berlebihan nantinya akan diekskresi dalam bentuk minyak. Dan yah, semua orang tahu minyak berlebih di wajah adalah cikal bakal pembibitan jerawat.
Yang sebaiknya di konsumsi antara lain buah dan sayuran segar. Perbanyak konsumsi buah terutama yang banyak mengandung vitamin C seperti tomat, jambu biji, jeruk dll. Vitamin C selain bagus untuk regenerasi kulit, juga bagus menggelontor lemak berlebih di tubuh.
Satu lagi hal penting yang kita sering lupa, minum air putih 8-10 gelas per hari. Jangan pernah meremehkan air putih jika ingin metabolisme tubuhmu lancar selancar air terjun coban rondo *sori oot

·         Suplemen dan obat
Beberapa obat diet dapat menimbulkan efek jerawat pada wajah. Secara medis ini wajar karena ketika obat ini bereaksi menghancurkan lemak, maka sisa lemak yang tidak dibutuhkan tubuh akan diekskresi dalam bentuk minyak dan keringat. Minyak yang menumpuk di wajah inilah yang menjadi tersangka utama acne attack. Jadi, hati-hati ya kalau mencari obat/ suplemen diet. Hidup itu pilihan bro. Kalo mau fokus punya wajah mulus sebaiknya dietlah dengan cara alami. Tapi kalo tergoda dengan hasil instan yang ditawarkan obat/ suplemen diet, bersiaplah dengan resiko yang akan ditanggung.
Ngomong-ngomong soal suplemen, belakangan banyak beredar suplemen kulit berbahan dasar vitamin e. Dari beberapa review aku sempat baca, konsumsi suplemen ini berefek pada penambahan berat badan dan timbulnya jerawat. Menurutku ini logis, karena seperti yang aku bilang sebelumnya, vitamin e mampu memaksimalkan penyerapan lemak dalam tubuh. Itu juga alasan kenapa ada beberapa orang bilang kulit berjerawat tidak disarankan meminum suplemen vitamin e. Jadi kalau ada suplemen berbahan dasar vitamin e yang mengklaim bisa menyembuhkan jerawat, dengan berat hati aku mengatakan itu bullshit. Untuk meregenerasi dan memuluskan kulit sih mungkin iya, tapi kalau untuk menyembuhkan jerawat, yah. . . tergantung amal ibadah masing-masing XP

·         Olahraga rutin
Sepadat apapun aktivitasmu, jangan pernah lupakan olahraga. Biasakan olahraga kardio (seperti senam aerobik, lari, jogging, renang atau badminton) minimal 30 menit setiap harinya. Kalau sulit mencari waktu, seminggu 2-3 kali juga masih mending. Selain membuat tubuh lebih bugar, olahraga kardio juga efektif mengurangi timbunan lemak berlebih di tubuh. Meskipun nggak seinstan obat diet, tapi ini jauh lebih sehat. Konsumsi obat diet (yang tidak diimbangi dengan olahraga) akan cenderung mengekskresi lemak berlebih dalam bentuk minyak. Sedangkan olahraga cenderung mengekskresi dalam bentuk keringat. Sehingga resiko timbulnya jerawat lebih sedikit dibanding orang yang mengkonsumsi obat diet.

·         Kebersihan wajah
Cuci muka dengan sabun anti jerawat minimal 3 kali sehari. Atau lakukan lebih sering jika aktivitas luar rumahmu sangat intens. Keringat, minyak, debu dan bekas make up bisa menyumbat pori bila tidak segera di bersihkan. Untuk membersihkan sisa make up, pakai cleanser dan astringent anti minyak. Pilih cleanser yang mengandung cucumber/mentimun atau yang mengandung sari lemon (ini merujuknya ke produk Viva XD).
Beberapa tips tradisional juga nggak rugi bila diterapkan. Misalnya dengan mengusapkan potongan tomat, jeruk nipis atau daun binahong ke wajah. Memang perih bila kena jerawat yang masih baru. Tapi hasilnya lumayan terlihat loh. Noda-noda bekas jerawat memudar secara perlahan. Intinya sih, harus telaten.

·         Kebersihan tangan
Ngaku,, pada gemes kan kalo liat jerawat? Bawaannya pingin mencet, iya kan?? Sebagian besar orang bilang jerawat sebaiknya jangan dipencet kalau tidak ingin menimbulkan bekas kehitaman. Tapi menurutku pribadi, ada beberapa kondisi dimana kita harus memencet jerawat itu.
Misalnya suatu kali kamu harus pergi keluar rumah dengan make up, padahal di wajah kamu ada jerawat segede biji jagung yang baru beberapa jam nangkring. Kalau nekat di poles bedak pasti perih, tapi enggak di make up juga horor. Galau kan???
Nah kalau kasusnya kayak gini, memencet jerawat bisa jadi solusi jangka pendek. Tapi mencetnya jangan sembarangan. Pastikan kamu mencuci tangan dan wajah kamu dengan bersih sebelum memencet. Meskipun tangan kamu udah bersih dan cantik, bukan berarti kamu bisa pakai jari-jari tanganmu untuk memencet. Pergunakan cotton buds yang telah disterilkan dengan antiseptik (semacam dettol), pencet dari dua sisi hingga nanah keluar. Pastikan nanah habis tak bersisa, biasanya ditandai dengan keluarnya cairan bening. Kompres jerawat dengan kapas yang dibubuhi antiseptik atau alkohol untuk menghentikan keluarnya cairan bening. Nah kalau kamu udah pastikan cairan bening nya berhenti keluar / mengering, bisa deh kamu poles make up. Resikonya sih pasti bakal ninggalin noda kehitaman, bahkan mungkin bopeng. Tapi bisa ilang kok asalkan kamu telaten cuci muka dan mengoleskan Pond’s Flawless White Lightening Day Cream.

Segitu aja ya tips dariku tentang Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil dan bisa ngeceng ^^

20 komentar:

  1. Mb sy kan pny jrwt komedo tertutup yg kecil"[whiteheads) . Kl di pgang ga skit .. klo jrwt ini pkenya yg mediklin wrna apa yh agar bsa mengeringkan

    BalasHapus
  2. Mb sy kan pny jrwt komedo tertutup yg kecil"[whiteheads) . Kl di pgang ga skit .. klo jrwt ini pkenya yg mediklin wrna apa yh agar bsa mengeringkan

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Kalo cowok, bisa juga gk sih ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi bisa cek http://www.elinivana.com/2014/10/hiruscar-post-acne-gel-review-yang-udah.html?m=1

      Hapus
    2. aku ada hiruscarny kalo mau tinggal kontak aku

      Hapus
  5. Mbak bukannya mediklin berinteraksi ama sulfur,apa gk ppa pake mediklin bareng jf sulfur?

    BalasHapus
  6. Mbak, aman gak sih kalo pake mediklin sedangkan make up yg aku pake itu wardah?

    BalasHapus
  7. Makasih infonya, sangat bermanfaat sekali bagi saya untuk menyerang jerawat yang ada di wajah saya...

    BalasHapus
  8. Aku br sehari pke medickin orange. Jrwtku kering.. Kl yg orange gini dpke kpn yah.. Mlm apa siang. Ktny gpp kl dpke. 4x dlm sehari

    BalasHapus
  9. Aku br sehari pke medickin orange. Jrwtku kering.. Kl yg orange gini dpke kpn yah.. Mlm apa siang. Ktny gpp kl dpke. 4x dlm sehari

    BalasHapus
  10. Terimakasih sarannya ka. Sangat membantu untuk menyembuhkan jerawat hehe.

    BalasHapus
  11. Manjur bngt jerawatq tuntas. Mksh mediklin TR

    BalasHapus
  12. Manjur bngt jerawatq tuntas. Mksh mediklin TR

    BalasHapus
  13. Oya kak aku mau nnya neh klo jerawat biasa boleh gk pke mediklin yg unggu

    BalasHapus
  14. Jerawat aku cma ada 3 biji,,tu jerawar sering muncul nnti kmpes sndiri,, tp nnti numbuh lg d tmpat yg sma,, jd jrawatnya cm tdur sesaat,, apa bleh aku pke mediklin kak

    BalasHapus
  15. Jerawat aku cma ada 3 biji,,tu jerawar sering muncul nnti kmpes sndiri,, tp nnti numbuh lg d tmpat yg sma,, jd jrawatnya cm tdur sesaat,, apa bleh aku pke mediklin kak

    BalasHapus
  16. Buat komedo trbuka ataupun tertu2p bisakah gimana cara pakainya ?

    BalasHapus